Memory mencari sesuap nasi

"hai, kamu mau kemana?"
"Sebentar, mau refreshing bentar. Penat."
"Kerjaanmu udah selesai?"
"Yaelah gampang, pasti selesai. Tenang."
Aku tak menggubris, aku kembali menghitung data-data di laptop ku sambil memegang kalkulator. Dalam hatiku sedikit ngedumel, 'astaga kurang 10juta lagi nih biar bisa dapet insentif. Hmm cari dimana ya?'

Waktu berlalu, pukul 13.00 pun tiba, saatnya pulang.
"Argh.. capek banget. Aku pulang duluan yaaa."
"Kok kamu udah pulang sih? Cepet banget. Tungguin kita lah.." sahut makhluk dihadapan ku.
"Aduuuh aku capek, mau refreshing. Penat. Hahaha!" Aku balas dengan kata-katanya.
"Huuu yaudah sana sana. Hati-hati!"
"Hokeee, assalamu'alaikum!"
"Wa'alaikumsalam"

Sepulang dari kantor, seperti biasa, aku nongkrong di cafe bersama mba Antin, menghabiskan malam minggu buat refreshing. Iya, hari Sabtu aku masih ngantor, tapi setengah hari, karna cuma buat admin aja. Ya walaupun refreshing, yang dibahas ngomongin si bos lah, target lah, produk lah. Tetep ya yang dibahas kerjaan juga. Saat itu hari-hari ku dipenuhi pikiran tuk bisa capai target. Lumayan kalau bisa capai target bulanan dapet tambahan 3juta, belum ditambah bonus satu produk bisa sampai 3-5juta. Capai 5produk bisa dapet bonus 15juta lumayan kan hehe. Membayangkan dan mencapai target, bahkan sampai sekarang masih jadi kebiasaan.

Alhamdulillah banget penempatan pertama di Jakarta, jadi mudah buat cari duitnya. Ya walaupun cepet juga keluar nya sih, tapi ya pinter pinter kita atur keuangan aja. Apalagi orang-orang disekitar ku sangat konsumtif. Apalagi kalau insentif pas gede, bosku hampir setiap minggu menyarankan ku untuk beli hplah, leptoplah, motorlah. Untung imanku kuat, ga tau aja si Bos aku nabung buat apa.

Iya, saat itu bukan semata-mata uang yang aku pikirkan, ternyata aku ga bisa puas melakukan itu setiap bulan.  Aku bertahan karena biaya kuliah. Permintaan Alm. Bapak agar aku bisa lanjut S2 selalu terngiang di telinga ku. Meskipun Bapak sudah menyiapkan biaya agar aku bisa S2, tetep aja aku pengen bisa berusaha mandiri.

Waktu berlalu, 1tahun bekerja di Jakarta membawa kesan yang mendalam. Karna pencapaian targetku yang cukup baik, dan dirasa tabungan ku sudah cukup untuk S2 aku memutuskan untuk resign. Dan hal yang tak disangka pun tiba, Alhamdulillah saat aku mengajukan resign, aku justru diminta untuk tetap bertahan di Kalbe dan mutasi ke Jogja. Huwooo, Alhamdulillah, pengen nangis rasanya denger itu. Ya walaupun S2ku jadi tertunda, tapi aku ga akan melewatkan kesempatan itu.

Awal mutasi Jogja, disaat yang berbarengan Mas Azam juga melamar ku. Rasanya bahagia banget. Tapiii.. tidak setelah hari-hari selanjutnya. Permasalahan datang silih berganti. Ternyata ritme di Jogja susah puol untuk menjalankan produk. Udah lari kesana kemari susah banget capai target. Sekalinya mau capai target harus nge-push banyak banget. Alhasil malah bulan bulan selanjutnya yang berat. Ya sama saja hehe. Tapi aku tetep bersyukur, setidaknya gaji di Jakarta untuk hidup di Jogja udah lebih dari cukup. Tapi ya itu, capek bet brooo. Area ku terlalu luas hahaha! Akhirnya setelah masa kerja 2 tahun, dan dirasa tabungan ku sudah cukup untuk biaya pernikahan, dibulan November aku memutuskan untuk resign.

Memory mencari sesuap nasi ini bener-bener berkesan. Banyak pelajaran yang aku dapat kan, banyak tanggung jawab yang sudah aku laksana, banyak kepuasan yang tercapai dengan materi. Setelah resign, hal yang paling aku sadari adalah punya duit sendiri itu enak haha. Tapi kalo inget masa itu, Waaah gila sih perjuangan dan lelahnya, rasanya ga ingin aku ulang haha. Tapi tapi aku seneng bisa melewati nya. Ngerasa enak punya hasil uang dari usaha sendiri itu ada kepuasan. Mungkin karena aku tipe yang ga enakan ya, uang sendiri aja aku jaga apalagi pemberian orang lain. Ya sebisa mungkin jaga kepercayaan suami. Suamiku tau sih kalo suatu hari nanti aku ingin bekerja, ya jadi apapun itu yang penting halal. Kalo bisa jadi pengusaha ya aamiin hehe. Tapi untuk saat ini, suami pengen aku bisa selesai S2 dan lanjut ngikut dia, biar dia dulu yang mencari sesuap nasi nanti aku yang masakin.  😁

Comments

Popular Posts