The Cheapest Travel to Singapore

Hallo, Assalamu’alaikum  traveler yang selalu berjiwa muda. Lagi mau rencanain liburan ke Singapura? Galau pengen jalan-jalan tapi budget tipis? Pengen muter-muter Singapura dengan budget 3.500k? Sini-sini aku mau bagi tips buat kamu ajah. Btw apa yang aku lalui ini semua berdasarkan pengalamanku dan suami ya, semua paket hemat hihi.
Dimulai darimana yaaa..

1.      Pesan tiket pesawat dan akomodasi
Aku rencana perjalanan waktu itu 3hari 2malam (20-22 Maret 2019), menginap di hotel bintang 3. Kalau semisal teman-teman ingin lebih hemat lagi bisa pilih yang homestay atau capsule. Sebenernya aku sih ga masalah kalau semisal di homestay atau capsule, tapi suami aku yang ga nyaman. Dia bilangnya, “masa suami istri tidurnya ga nyaman gitu.” Hahaha! Baiklah, akhirnya aku cari hotel yang layak untuk suami yang agak rewel ini. Aku cari dari semua jenis situs yang melayani pembelian tiket dan akomodasi traveler.
Dari Traveloka, Tiket.com, pegi-pegi, Airasiago.com, booking.com dan masih banyak lagi. Hal yang aku pertimbangkan:
·      Harga
Harga untuk 3hari 2malam, kami mematok harga Rp 2.000k/orang. Dan setelah mencari, Alhamdulillah bisa dapat harga promo Rp 1.866k sudah termasuk tiket return ya. Karna biasanya di imigrasi saat kedatangan akan ditanya tiket pulang dan menginap dimana. Dan ternyata sekarang aku cek harga tiket return dan hotel 3D2N bundling (14/06/19) udah naik jadi Rp 3.100/orang. Jadi ternyata harga promo sangat membantu.
·      Lokasi
Lokasi semakin strategis, semakin susah dapet harga yang murah haha. Biasanya hotel yang murah itu sekitar kawasan Geylang. Tapi, ternyata jauh dari tempat wisata. Waktu lihat referensinya ternyata Hotel lokasi Geylang untuk para bisnisman. Baklah, kalo gitu skip Geylang. Pilihan lainnya adalah Little India, nah menurutku untuk yang beragama Islam, lokasi ini termasuk recommended karna selain harga murah, juga banyak resto halal. Tapi kemarin aku pilihnya di lokasi Kallang, nama hotelnya Kam Leng. Kenapa? Karena setelah lihat reviewnya ternyata deket 2 halte bus. Menurutku dekatnya halte bus dengan lokasi hotel itu salah satu indicator penting. Karna ga membuang waktu untuk berjalan mencari bus, udah gitu kalo pulang dan udah capekkan jadi ga perlu jalan jauh.

·      Situs
Nah, memilih situs ini cukup penting. Untungnya aku gak tergiur harga murah aja, tapi aku juga akan cek komentar netizen tentang situs tersebut. Seberapa terpercayanya sih. Karna ternyata banyak kasus, sudah beli tiket pas sampai di hotelnya ternyata kamar udah full booked. Ujung-ujungnya harus keluar uang lebih untuk beli hotel 3hari 2malam. Gak mau dong sampai kejadian kaya gitu.
·      Fasilitas Hotel
Fasilitas sebenernya ga terlalu urgent, cuma kalo semisal ada ya kenapa ga? Kemarin sih pertimbangan fasilitasnya bed standard double room, ac, wifi, tv, hair dryer, boiler, iron, dan clean bathroom haha.


Nah, pertimbangan-pertimbangan diatas itulah yang akhirnya aku memilih menggunakan Air Asia Go. Dan setelah aku bandingkan harganya dengan akomodasi yang sama dengan situs traveloka misalnya, menggunakan Air Asia Go lebih murah. Waaaah ga nyeseldeh. Sesampainya di Hotel juga tidak ada kendala sama sekali. Jadi menurutku recommended banget pakai Air Asia Go ini. Apa lagi sekarang Air Asia udah cerai sama traveloka, jadi agak susah juga dapetin maskapai semurah dan senyaman Air Asia hehe.

2.      Beli tourist pass
Buat traveller yang mau ke Singapura dalam waktu dekat ini sepertinya perlu mengetahui perbedaan Ez Link, STP (Singapore Tourist Pass), dan STP Plus selama berada disana. Ketiga kartu tersebut bisa digunakan untuk menaiki beberapa transportasi yang ada di Singapura seperti MRT, LRT dan bus. Kalau ga tau jalur, apa perlu brosur peta MRT? Hmm.. kalau mau buat kenang-kenangan ambil aja di passengers service bandara. Tapi untuk aku dan suami yang baru pertama kali ke Singapura, itu ga bakal kepake. Karena hari ini udah ada Google Maps haha! Menurutku nih ya, transportasi umum di Singapura ini bener-bener akurat. Para traveler ga perlu takut kesasar, selama bisa baca google maps, dijamin sampai tujuan. Bahkan lewat google maps juga bisa dipantau real time transportasinya, jadi semua terintegrasi dengan tepat waktu. Tinggal ikutin aja, naik jalur apa, turun di halte apa. Kalau butuh info, nanti aku akan share di artikel lainnya.
Oke kita kembali ya, apa sih perbedaan Ez Link, STP (Singapore Tourist Pass), dan STP Plus?
·         Ez link
Untuk kartu Ez Link, harganya sekitar 12SGD. Harga tersebut sudah memiliki saldo sebesar 7SGD dan sisanya 5SGD merupakan harga pembelian kartu Ez link Singapore. Kartu Ez Link ini berlaku selama 5 tahun. Minimal top up  sebesar 10SGD. Jika kamu memang tidak memiliki banyak lokasi wisata yang hendak dikunjungi saat di Singapura, kartu Ez Link sangat cocok untuk menghemat biaya. Namun perlu diingat bahwa Ezlink ini hitungannya perjarak jadi harus rajin mengecek saldo yang ada dalam kartu Ez Link. Pasalnya kamu tidak bisa menggunakannya jika saldonya kurang dari 3 Dollar Singapura. Nah lho, jadi coba dikalkulasikan berdasarkan kebutuhan.
·         STP
Kartu STP ini merupakan kartu sakti saat kamu traveling di Singapura. kartu ini bisa digunakan tanpa batas alias unlimited untuk menaiki beberapa transportasi yang ada di Singapura seperti bus umum, MRT dan juga LRT. Harga kartu ini cukup terjangkau sekitar 10 dolar Singapura untuk penggunaan selama 1 hari. Namun kamu harus memberikan uang jaminan sebesar 10 dolar Singapura. Sehingga yang kamu bayarkan pada saat awal adalah sebesar 20 dolar Singapura. Untuk harga kartu STP selama 2 hari kurang lebih harganya sekitar 16 dolar Singapura. Sedangkan untuk 3 hari sekitar 20 dolar Singapura. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena uang deposit kamu bisa diambil kembali. Yang jelas kamu harus mengembalikan kartu STP kamu sesuai ketentuan yang berlaku. Kartu Singapore tourist pass bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak diatas 3 tahun.
Jika kamu tidak ingin mengembalikan kartu ini kamu bisa memilikinya. masa kadaluarsa adalah 6 hari sejak pembelian. jika sudah melewati 6 hari sejak pembelian maka kamu tidak bisa mengambil uang deposit. namun masih tetap bisa menggunakan kartu tersebut dan fungsunya berubah menjadi kartu Ez-link yang dananya bisa di top up.
·         STP Plus
STP Plus ini sama seperti STP, namun biasanya ada bonusnya. Tiap season beda-beda sih. Kalo aku pas dapet traveling gratis pakai tour guide di haji lane. Harganya waktu itu aku beli 38SGD/orang di Changi Airport unlimited selama 3hari. tapi aku bingungnya di web-web yang aku baca kok harganya sampai 48SGD ya hmm. Anw, Selebihnya fungsi sama kaya STP.


Terus harus pilih yang mana? Menurutku sih tergantung destinasi, kalo kaya aku nih, selama 3hari nonstop traveling, banyak destinasi yang mau dituju tanpa harus mikirin jarak. Akan lebih baik pakai yang STP. Ini bener-bener worth it. Trus kenapa aku pilih STP plus? Informasi tentang STP dan Ezlink yang aku tulis ini aku peroleh dari membaca beberapa referensi dari web. Nah, setelah sampai Changi, ditawarinnya STP plus. Kalo dihitung 3hari menggunakan STP harus mengeluarkan uang 30SGD (10SGD uang jaminan), sedangkan beli di Changi Airport dengan 38SGD udah dapet STP Plus, yaudah aku pilih STP plus karna unlimited selama 3hari sekaligus dapet bonus.

3.      Beli kartu perdana Singapura
Beli kartu perdana 1 buat 2 orang haha! Kami belinya yang untuk 3 hari aja, jadi itungannya ya murah karna internet unlimited. Beberapa traveler menuliskan di web-nya menyarankan untuk ga usah beli kartu perdana, karna Wifi berceceran di Singapura. Tapi kalo aku pribadi menyarankan tetap beli, karna tidak semua tempat memberikan fasilitas free wifi. Coba bayangkan kalo kita disuatu tempat butuh akses google maps untuk pergi ke suatu tepat, tapi kita di lokasi yang ga ada free wifi. Wah itu bakal pusing banget. Jadi ya tetep aku saranin diantara rombongan harus ada yang punya, minimal 1.


4.      Bawa botol minum, pop mie, dan snack dari Indonesia.
Hahaha ini bener-bener tips menghemat terbaik sih. Botol minum adalah suatu kewajiban, karena mineral water mahal cyiiin. Disana banyak tap water, tapi ya harus pilih-pilih sih yang ga bau kaporit. Pop mie? Sayangnya aku ga bawa pop mie, takut ga kemakan. Pas laper baru deh nyesel. Untungnya bawa snack beraneka ragam, buat nunda lapar selama jalan kesana kemari.

5.      Makan di Rumah makan yang rame (dijamin enak dan murah)
Sorry banget aku belum bisa recommendasiin tempat makan yang murah, karna aku belum ngicipin semua tempat. Aku mau share yang udah aku datengin aja yaa.. ini salah satu resto beserta nota. 🤭



6.      Masuk ke wisata yang gratis
Hampir semua tempat wisata yang aku datengin itu gratis. Merlion Park, Garden By The Bay, Mac Ritchie Reservoir , Santosa Island (Universal tapi ga masuk dalemnya karna suami ga begitu tertarik), Haji Lane, Kampong Glam, little India, Chinatown, dan Jinrikisha Station. Menurutku 3 hari udah cukup untuk bisa ke semua tempat itu, tapi ga pake main di Universal lho ya, cuma masuk kawasan Santosa Island aja.


Ini adalah salah satu fotoku sama suami. Kok bisa sih dalam 3hari ke wisata sebanyak itu? Di Artikel laiinya aku akan bahas lebih detail, siapa tau, ada yang mau ikutan ngunjungi wisata-wisata itu dengan schedule yang kami buat hehe.

7.      Tempat beli oleh-oleh
Mau beli oleh-oleh apa ni? Gantungan kunci, kaos, tas, coklat, bolpoin, atau pernak-pernik lainnya? Kalo baca dari web banyak yang menyarankan untuk beli oleh-oleh di daerah China town atau little India. Aku udah ke tempat--tempat itu, tapi ternyata aku menemukan lokasi jual oleh-oleh yang harganya lebih murah. Padahal barang sama persis. Mau tau ga dimana? Haha! Letaknya di Kampong Glam, tepatnya di depan Masjid Sultan. Sepanjang jalan itu pilih aja, dijamin ga nyesel hehe. 

Nah itu 7 referensi ku  untuk bisa hemat budget selama di Singapura. Jadi coba tu dihitung totalnya berapa, kira-kira kalo di rupiahin jadi sekitar Rp 7000k lah ya, untuk 2orang selama 3hari. Jadi itungannya Rp 3.500k/orang. Menurut ku sih kalo pergi nya bareng bareng jadi lebih murah, apa lagi kalo penginapan pilih yang homestay atau capsul, budget 3.500k bisa sisa sisa hehe. Oya perlu diingat, budget ini untuk traveler ya, yang niatnya emang buat jalan-jalan explore gitu, bukan buat window shopping hihi.
Yak, sekian pengalaman selama di Singapura, semoga bermanfaat untuk yang mau jalan jalan di Singapore yaaa. Setelah ini aku akan share schedule perjalanan dan penggunaan transportasi umum yang lebih detail lagi selama di Singapura. Byeee..  


Comments

Popular Posts